Walikota Irsan, Membuka Acara Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak se Kota Padangsidimpuan

Mata-elang.com II PADANGSIDIMPUAN-SUMUT – Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution SH, MM, membuka acara sosialisasi pemilihan kepala desa serentak se-Kota Padangsidimpuan pada Selasa ( 04/07/2023 ). Acara ini diselenggarakan di Aula MAN 2 Padangsidimpuan dan dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa serta peserta dari berbagai desa di kota ini.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Padangsidimpuan dalam mempersiapkan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak yang akan dilaksanakan di seluruh desa di Kota Padangsidimpuan. Kehadiran Wali Kota pada acara ini menunjukkan komitmen pemerintah kota dalam mendukung pelaksanaan pemilihan kepala desa yang demokratis dan partisipatif.

Dalam sambutannya, Wali Kota Irsan Efendi Nasution menekankan bahwa pemilihan kepala desa adalah sebuah perintah konstitusi yang bertujuan untuk mengintegrasikan kepemimpinan di tingkat desa. Ia menggarisbawahi pentingnya peran kepala desa dalam memajukan desa-desa di Kota Padangsidimpuan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kepala desa memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa. Melalui pemilihan kepala desa, kita memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang berkualitas dan mampu mewujudkan visi dan misi pembangunan desa,” ujar Wali Kota.

Selain itu, Wali Kota juga menegaskan bahwa pemilihan kepala desa harus dilaksanakan dengan prinsip demokrasi, transparansi, dan keadilan. Ia mengajak seluruh peserta sosialisasi untuk menjaga integritas dan netralitas dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa agar masyarakat dapat memilih pemimpin yang terbaik untuk desa-desa mereka.

Dalam laporan Kepala Dinas PMD, Ismail Fahmi Siregar, S.Sos disampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik kepada para peserta tentang prosedur dan mekanisme pemilihan kepala desa. Peserta sosialisasi akan diberikan pengetahuan tentang tahapan pemilihan, syarat calon kepala desa, serta tata cara pelaksanaan pemilihan.

Ismail Fahmi juga menambahkan bahwa Dinas PMD Padangsidimpuan siap memberikan pendampingan dan bimbingan teknis kepada panitia pemilihan kepala desa di masing-masing desa. Hal ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa yang efektif, transparan, dan berkualitas.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta tentang esensi pemilihan kepala desa dan pentingnya peran kepala desa dalam pembangunan desa.

Dengan demikian, diharapkan pemilihan kepala desa serentak di Kota Padangsidimpuan dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk kemajuan desa-desa di kota ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Forkopimda Padangsidimpuan, Pimpinan OPD, dan Para Camat. ( Samsul Hasibuan )

Tinggalkan Balasan