Maksimalkan Pembangunan, Pemdes Sadau Jaya di Oku Selatan, Tingkatkan Ketahanan Pangan di Sektor Penanaman Jagung.

MATA-ELANG.COM || OKU SELATAN-SUMSEL, -Penguat ketahanan pangan tingkat desa untuk penanaman jagung di desa sadau jaya kecamatan sungai are kabupaten ogan komering ulu selatan- Tahun 2022 inimelalui Perpres 104 Tahun 2021 bahwa 20% Dana Desa digunakan untuk program ketahanan pangan dan hewani.

Didesa sadau jaya, program ini direalisasikan dengan Penguatan Ketahanan Pangan melalui budidaya tanaman jagung mengingat keadaan geografis di desa sadau jaya dengan keadaan tanahnya yang subur. (Sabtu 07-01-2023)

Program kegiatan penguatan ketahanan pangan di Desa sadau jaya ini diawali dengan penentuan lahan yang akan dijadikan objek pertanian, setelah diperoleh lahan selanjutnya kelompok mekar Sari sadau jaya pelaksana kegiatan mengadakan sosialisasi terkait perekrutan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang berasal dari KK Miskin yang akan dijadikan pekerja dalam kegiatan budidaya tersebut.

Setelah PKTD terbentuk, selanjutnya kelompok mekar Sari sadau jaya tahap awal dimulai dari pembabatan dan pembersihan lahan, kemudian pembuatan lubang tanam, menabur pupuk organik padat sekaligus penanaman, penganggulahan gulma, dan yang terakhir pemanenan.  (EVI)

Penulis: Evi Andari

Tinggalkan Balasan