Di Terbitkan Oleh : PT.Mataelang Milenial Group
Oper Rekrutmen Jurnalis

Jaga Laju Inflasi, Pemko Padang Sidempuan Laksanakan Gerakan Pangan Murah

Mata-elang.com || PADANG SIDEMPUAN-SUMUT, – Jaga Laju Inflasi, Pemko Padang Sidempuan Laksanakan Gerakan Pangan Murah

Pemerintah Kota Padang Sidempuan melalui Dinas Ketahanan Pangan laksanakan Gerakan Pangan Murah mulai hari ini tanggal 16-17 Februari 2023 di dua lokasi berberda, yakni halaman ATC (Anugrah Trade Center) dan pasar saroha Padang Matinggi Kec. Padang Sidempuan Selatan, Kamis (16/02/2023).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Padang Sidempuan Ir. Chairunnisa Daulay pada laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan tingginya angka inflasi di Kota Padang Sidempuan per Januari 2023 ini.

“Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Padang Sidempuan inflasi kita per januari ini berada di angka 1,16%, sedangkan inflasi tahun ke tahun (Januari 2022 terhadap Januari 2023) di angka 6,68%”, ucapnya.

Chairunnisa menambahkan, adapun beberapa komoditi yang disediakan pada gerakan pangan murah ini antara lain : Beras Medium, Minyak Goreng Curah, Gula Pasir, Mentimun, Kacang Panjang, Cabai Merah dan Bawang Merah.

“Dinas Ketahanan Pangan menyediakan 2 ton beras dan 1 ton minyak goreng curah selama kegiatan gerakan pangan murah ini”, tuturnya.

Selanjutnya Ketua DPRD Padang Sidempuan Siwan Siswanto menyampaikan sangat mengapresiasi langkah penanganan inflasi daerah yang dilakukan Pemda ini.

Siwan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga dapat mengurangi beban masyarakat terhadap dampak inflasi ini.

Kemudian Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM pada sambutannya mengucapkan syukur atas terselenggaranya kegiatan gerakan pangan murah ini.

“Setelah melaksanakan koordinasi dengan stakeholder terkait Alhamdulillah kita dapat melaksanakan gerakan pangan murah ini di halaman ATC ini dan di Pasar Saroha padang Matinggi”,Ucapnya.

Irsan berharap dengan dilaksanakannya gerakan pangan murah ini dapat mengendalikan harga dipasaran sehingga laju inflasi di Kota Padang Sidempuan bisa dikendalikan.

“Terkait ketersediaan stok beras kita di Padang Sidempuan Kepala Cabang Perum Bulog Subdivre Padang Sidempuan Berdian Wiradika Damanik sudah menyampaikan kepada saya

sebelumnya bahwa stoknya masih mencukupi, dan untuk gula pasir dan minyak goreng juga masih mencukupi setelah melakukan koordinasi dengan beberapa pemasok”, tambah Walikota.

Perlu juga saya sampaikan kepada Bapak/Ibu sekalian bahwasannya cabai merah dan bawang merah yang beredar di pasaran saat ini merupakan hasil panen dari para petani lokal kita disini, terutama bawang merah yang sudah bisa kita produksi mencapai 50% dari jumlah konsumsi masyarakat di Kota Padang Sidempuan, tegas Wako Irsan.

Menanggapi apa yang disampaikan Ketua DPRD, Saudara Siwan sebelumnya, kita akan melakukan evaluasi terhadap kegiatan ini. Jika animo masyrakat terhadap gerakan pangan murah ini cukup tinggi kita (Pemda) akan kembali melaksanakan kegiatan ini, ujarnya.

Hadir dalam kegiatan gerakan pangan murah tersebut, Anggota DPRD Padang SIdempuan Fraksi Gerindra Khoiruddin Siagian, Sekdako H. Letnan Dalimunthe S.K.M, M.Kes, Kepala BPS Hafsyah Aprillia, S.Si., M.Si, Kepala Cabang Perum Bulog Subdivre Padang Sidempuan Berdian Wiradika Damanik, Danramil 02/ Kota Padang Sidempuan, Mewakili Kapolres Padang Sidempuan, Kepala OPD serta tamu undangan lainnya.( Samsul Hasibuan )

(INFORMASI : "Media memberikan Kesempatan kepada seluruh pihak untuk memberikan hak jawab ataupun klarifikasi serta ralat terkait setiap berita yang di terbitkan!!".) YouTube @Media Mata Elang https://www.youtube.com/@mediamataelang6834
Penulis: Samsul Hasibuan

Tinggalkan Balasan

Pemberitahuan : Segala Berita yang di Nilai Tidak Berimbang Dalam penerbitan, Merupakan Berita Yang masih dalam proses penindaklanjutan, dan Segala informasi yang dihimpun kemudian, Akan diterbitkan pada edisi penayangan Berikutnya.
Segala Pemberitaan Merupakan Tanggung Jawab Redaksi.