Di Terbitkan Oleh : PT.Mataelang Milenial Group
Oper Rekrutmen Jurnalis

Bupati Dolly Bersama BADKO HMI Sumut Lakukan Bakti Sosial di Sipirok

Mata-elang.com II TAPANULI SELATAN-SUMUT – Kedekatan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang identik hijau hitam itu, ibarat ikatan keluarga.

Banyak yang melihat hubungan saya dan HMI itu adalah kader biologis, karena dalam sejarah HMI khususnya di Sumatera Utara, Almarhum Panusunan Pasaribu banyak dijadikan referensi dan mentor oleh kader HMI bahkan KAHMI. Karena itulah, setiap kegiatan HMI khususnya Tapsel, saya selalu hadir untuk meneruskan apa yang almarhum lakukan bersama HMI dan KAHMI.

Pada Minggu (26/02/2023), di puncak Dies Natalis HMI Ke-76, Badan Koordinasi (Badko) HMI Sumut, mengundang Bupati Dolly melakukan bakti sosial (Baksos) di halaman Perpustakaan Prof Lafran Pane Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

Bupati Dolly dalam sambutannya sangat mengapresiasi terlaksananya Baksos tersebut, menurutnya masyarakat akan merasakan manfaat giat dan kehadiran mahasiswa yang tergabung di HMI.

“Saya mewakili masyarakat Sipirok dan Tapsel pada umumnya, berterima kasih atas kegiatan ini ditambahkan lagi ada pemeriksaan oleh dokter dari USU,” ujar Dolly.

Disela-sela sambutan itu, Dolly menyinggung bahwa telah mengusulkan ke para petinggi HMI untuk penyempurnaan tapak tilas Profesor Lafran Pane disipirok

“Saya sudah sampaikan niatan tersebut pada Pengurus Besar HMI, Presidium KAHMI dan sesepuh, niatan tersebut dengan niatan mengejar ketertinggalan hubungan saya akan HMI. Manfaatnya jelas seperti peninggalan Prof. Lafran Pane ditata rapi, maka yang menikmati penerus-penerus HMI, sekaligus sejarah beliau akan makin terangkat jelas dilihat masyarakat luas,” terangnya.

“Harapan saya selanjutnya bahwa dengan demikian setiap kader, visinya tidak hanya lokal, namun nasional. Tidak menutup kemungkinan menapaktilasi perjuangan dan pemikiran beliau, dari suatu daerah kecil Pangurabaan. Karya beliau akan selalu dikenang sepanjang masa secara nasional,” tutup Dolly.

Sementara Ketua umum (Ketum) Badko HMI Sumut Abdul Rahman merincikan tentang kegiatan di tanah kelahiran sang pencetus himpunan

“Ada 100 paket sembako sekaligus pemeriksaan kesehatan bersumber dari donasi PB HMI, Pemrovsu, sesama kader HMI, Senior (KAHMI), hamba Allah dan lainnya, selanjutnya kami akan membersihkan tapak tilas dan makam syekh di Sipirok ini” ungkapnya.

Disisi lain Abdul sangat berharap pusat tapak tilas sang Pelopor Pofesor Lafran Pane betul-betul dipahami dengan jelas

“Kader-kader, ataupun informasi-informasi masih mengklaim Padang Sidempuan kampung Prof LafranPane. Saya rasa itu perlu diluruskan bahwa sebetulnya Tapsel lah tepatnya di Sipirok kampung sang Pendiri HMI,” terangnya.

Disisi lain mewakili MD KAHMI Tapsel Syamsir Alamsyah Harahap turut bangga atas kegiatan itu dan berterima kasih kepada BADKO HMI Sumut yang telah memilih Tapsel (Sipirok) sebagai tempat puncak peringatan milad HMI yang ke-76. Berlokasi di kampung sang Pendiri HMI ayahanda Prof Lafran Pane. menurut saya terkait baksos tepat penempatannya di Tapsel (Sipirok),” katanya.

Dikesempatan tersebut, Samsir menyinggung sosok yang ia kagumi yakni ayahanda tercinta Bupati Dolly, Almarhum Panusunan Pasaribu. “Kalau bicara HMI, saya selalu teringat beliau dengan segala kesederhanaannya dan keramah tamahannya (Alm. Panusunan Pasaribu), banyak kenangan, ataupun pelajaran yang saya peroleh dari beliau,” ungkapnya.

Kemudian rasa bahagia terpancar di wajah Warga yang hadir, Nurilla Pane contohnya, selain ia memeperoleh sembako, dirinya sangat mendukung yang disampaikan Bupati Dolly.

“Saya mendengar apa yang disampaikan Bupati Dolly tadi, dimana beliau (Bupati Tapsel) sangat perhatian akan sosok Pahlawan Nasional itu, hal itu sangat kami dukung, tentu manfaatnya juga untuk kemajuan daerah ini, kami juga berterima kasih pada bantuan dan pemeriksaan kesehatan gratis, semoga anak-anak kami yang tergabung dalam HMI sukses,” katanya.

Demikian halnya Imran Pane, usai menerima sembako, ia berterima kasih, sekaligus mendokan agar HMI tetap memegang teguh syiar islam dan sebagai wadah kelahiran generasi-generasi yang intelektual pemimpin masa depan bangsa. Ia bangga ternyata putra Pangurabaan bermarga Pane, namanya begitu harum yang menjadi pahlawan nasional.

Turut hadir mewakili Pengurus Besar (PB HMI), MD KAHMI Tapsel, para Ketum Cabang HMI se-Sumut dan beberapa Pimpinan OPD dan Camat Pemkab Tapsel. ( Samsul Hasibuan )

(INFORMASI : "Media memberikan Kesempatan kepada seluruh pihak untuk memberikan hak jawab ataupun klarifikasi serta ralat terkait setiap berita yang di terbitkan!!".) YouTube @Media Mata Elang https://www.youtube.com/@mediamataelang6834
Penulis: Samsul Hasibuan

Tinggalkan Balasan

Pemberitahuan : Segala Berita yang di Nilai Tidak Berimbang Dalam penerbitan, Merupakan Berita Yang masih dalam proses penindaklanjutan, dan Segala informasi yang dihimpun kemudian, Akan diterbitkan pada edisi penayangan Berikutnya.
Segala Pemberitaan Merupakan Tanggung Jawab Redaksi.